Kendari, Antara Sultra - Aparat dari kepolisian dan TNI meningkatkan pengamanan daerah perbatasan Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Sulawesi Tengah menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak pada 26 Juni 2018.

Kapolda Sultra Brigjen Pol Adap Budhi Revianto di Kendari, Kamis, mengatakan situasi keamanan tujuh bulan menyambut pelaksanaan Pilkada serentak tiga kabupaten/kota dan Pilkada Gubernur di Sultra kondusif.

Namun demikian, jajaran Kepolisian, TNI bersama pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat dituntut meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Seseorang atau kelompok yang berbuat di luar aturan berarti dapat disebut sebagai oknum yang tidak bertanggung jawab. Jika demikian solusinya adalah ditindak tegas," kata Adap.

Pilkada serentak 26 Juni 2018 mencakup Pilkada Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe, Kota Baubau dan Pilkada Gubernur Sultra.

Kabupaten Konawe mendapat perhatian tersendiri karena wilayahnya berbatasan dengan Provinsi Sulteng yang relatif terjangkau dari Kabupaten Poso.

"Wilayah Poso cukup dikenal dengan aksi teror. Kepolisian antardaerah tidak pernah berhenti berkoordinasi untuk kepentingan pengamanan daerah," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat tanggap terhadap situasi yang kira-kira mengancam ketertiban dengan secepatnya melaporkan kepada aparat atau pemerintah terdekat.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024