Kendari,  Antara Sultra - Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Tenggara menyatakan 49 orang calon wisudawan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari bebas Narkoba.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNP Sultra Harmawati di Kendari, Selasa, mengatakan kegiatan tes urine sebagai komitmen mewujudkan lingkungan kampus bersih dari praktik Narkoba.

"Kesempatan kali ini tercatat 49 calon wisudawan IAIN Kendari menjalani tes urine. Hasilnya negatif sehingga patut diapresiasi," kata Harmawati.

Memberantas Narkoba membutuhkan komitmen semua pihak, khususnya dunia kampus yang termasuk zona rawan praktik transaksi barang haram tersebut.

Tes urine yang sebelumnya menyasar 200 orang calon wisudawan merupakan implementasi nota kesepahaman antara BNNP Sultra dan sejumlah perguruan tinggi.

Semoga IAIN Kendari menjadi contoh yang baik dan memberikan motivasi bagi perguruan tinggi yang lain dalam hal menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan bebas Narkoba.

Seluruh calon wisudawan yang menjalani tes urine di salah satu aula mini IAIN Kendari tersebut, tidak ditemukan adanya peserta yang positif mengandung Narkoba.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan DR Hj Siti Kuraedah menyambut baik tes urin calon wisudawan IAIN Kendari.

"Alumni Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan adalah calon-calon pendidik yang patut menjadi teladan bagi siswa dan masyarakat, sehingga harus dipastikan bebas Narkoba," kata Siti.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024