Bombana, Antara Sultra - Kawasan Konservasi Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TN-RAW) di Desa Langkoala Kecamatan Rarowatu Utara Kabupaten Bombana dan berbatasan dengan wilayah Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara, Jumat, terbakar.

Pantauan Antara saat melintas di wilayah itu, sejumlah petugas yang dibantu dari aparat TNI-AD berupaya dengan memadamkan api yang melalap kawasan padang ilalang itu dengan hanya menggunakan alat berupa tangkai pepohan segar yang baru ditebang untuk memadamkan api itu.

"Api yang membakar kawasan ini, diperkirakan terjadi setelah usai Jumat, sebab pada pagi hari belum ada api dan asap di kawasan ini," kata petugas kawasan, Amir.

Ia mengatakan, api yang membakar kawasan itu diduga dari puntung rokok orang yang jatuh saat melintas di kawasan sepanjang lebih dari 25 kilometer dari pintu batas di Konawe Selatan hingga pintu akhir di Kabupaten Bombana.

"Kebakaran ini memang sering terjadi di wilayah konservasi, apalagi dan kondisi musim kemarau seperti ini. Yang pasti bahwa ada yang tidak sengaja dan ada juga yang mungkin disengaja," ujaranya.

Hingga berita ini ditulis, kawasan Taman Nasional yang seluas 105 ribu hektare itu, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra bahwa selama 2017 sedikitnya ada lebih 80 kasus kebakaaran, sekitar 50 kasus kebakaran terjadi di kawasan konservasi taman nasional.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024