Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tenggara, mengajak para pengusaha untuk berinvestasi mengembangkan rumput laut di daerah itu.

"Rumput laut ini merupakan salah satu komoditas andalan sektor kelautan dan perikanan di Konawe Kepulauan," kata Bupati Konawe Kepulauan, Amrullah, di Kendari, Minggu.

Ia mengatakan, selama ini warga pembudi daya rumput laut masih tradisional dan belum maksimal sehingga butuh keterlibatan para pengusaha agar potensi besar itu bisa lebih dikembangkan.

"Potensi pengembangan rumput laut di Konawe Kepulauan sangat besar, sehingga kita butuh investor yang konsen dengan rumput laut untuk bisa menanamkan modalnya di daerah ini," katanya.

Pemerintah, kata Amrullah, terus berusaha memberikan dukungan kepada para pembudidaya agar komoditas itu bisa memberikan pendapatan yang maksimal dalam mendorong perekonomian daerah.

"Untuk itu, perlu terbangun industri pengolahan dan pengembangan rumput laut di daerah ini, sehingga produk rumput laut kita dapat memiliki peran dalam meningkatkan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pemerintah, kata Amrullah, terus mendorong warga atau petani di daerah ini, agar terus meningkatkan produksi budi daya rumput dengan cara memperluas areal budi daya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024