Kendari, Antara Sultra - Andi Hatta terpilih menjadi ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rapat pleno kelima anggota komisi tersebut di Kendari, Rabu.

"Kami menyepakati Andi Hatta sebagai ketua," kata anggota Komisi Informasi Sultra Arifuddin Bakri.

Menurut Arifuddin, satu alasan dan pertimbangan utama menunjuk Andi Hatta karena dia paling senior di antara mereka berlima.

"Setelah kami menunjuk menjadi ketua maka giliran Andi Hatta yang menunjuk wakilnya, yakni Supriadin," kata Arifuddin.

Arifuddin sendiri dipercaya menjadi ketua Divisi Kelembagaan, Husnawati menjadi ketua Divisi Penindakan, dan Muhammad Jufri sebagai ketua Divisi Sosialisasi, Edukasi dan Advokasi.

Menurut Arifuddin, setelah membentuk kelembagaan KI Provinsi Sultra selanjutnya melakukan konsolidasi internal.

"Komisi Informasi ini merupakan lembaga yang baru terbentuk di Sultra, dan kami kebetulan adalah komisioner pertama yang mengisi lembaga ini sehingga banyak hal-hal yang perlu kami bicarakan secara internal terlebih dahulu," katanya.

Dijelaskan, keanggotaan KI Provinsi Sultra akan berakhir pada 2021, sedangkan kepemimpinan lembaga hanya berlangsung dua tahun, kemudian dipilih lagi ketua yang baru.

"Seperti yang sudah terjadi di beberapa daerah yang lebih dahulu terbentuk Komisi Informasi, ketua itu hanya menjabat dua tahun, kemudian dipilih lagi apakah masih dipercaya kembali atau diganti," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024