Baubau, Antara Sultra - Hasil rapat pleno Dewan Pimpinan Cabang Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, menyatakan dukungan terhadap pasangan calon walikota dan wakil walikota (Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail) resmi akan maju pada Pilkada Baubau 2018.

Sekertaris DPC PBB Baubau, Agus Salim, di Baubau, Kamis mengatakan keputusan tersebut diambil dalam rapat pleno yang digelar pada Selasa (12/9).

"Seluruh kader dan pengurus teras PBB telah bersepakat untuk melahirkan `Mama Ikhlas`. Jargon Mama adalah Maasra Manarfa sinergi dengan jenis kelamin sebagai seorang perempuan. Ikhlas adalah Ikhsan Ismail," ujarnya.

Keputusan dukungan Maasra-Ikhsan tertuang dalam Berita Acara Nomor 40/DPC-SK/Baubau/12 September 2017 yang ditandatangani pimpinan rapat pleno, Agus Salim, La Bara, disaksikan Ketua MPC dan Ketua Bappilu PBB Sultra,Ruksanan.

"Jadi sah rekomendasi yang dilahirkan dalam pleno semalam, karena dihadapan partai bukan individu-individu. Disamping itu, langkah ini untuk koalisi permanen baik koalisi partai dan koalisi kader partai," katanya.

Ia mengatakan, rapat pleno tersebut juga memutuskan memberikan hak sepenuhnya kepada pasangan calon untuk membangun komunikasi dengan partai lain, sehingga koalisi PBB dan Gerindra terbuka ruang berkembang.

"Koalisi kami (PBB-Gerindra) sudah lima kursi sudah bisa mengusung, tapi kami membuka ruang terhadap partai lain untuk bersama-sama mengusung Maasra Manarfa dan Ikhsan Ismail. Pleno ini juga dimaksudkan dalam rangka untuk secepatnya PBB membangun koalisi, karena kami tiga, dan Gerindra dua kursi di parlemen," katanya.

Agus juga mengatakan, dalam agenda rapat tersebut pula ada laporan ketua tim penjaringan PBB ke Dewan Pimpinan Cabang tentang hasil verifikasi sampai tahapan visi misi, sehingga rapat itu digelar berdasarkan dokumen yang dilahirkan tim penjaringan.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil penjaringan calon yang mendaftar di PBB, hanya Ikhsan Ismail yang membawa rekomendasi dari partai.

"Karena saudara Ikhsan Ismail mendaftar di PBB membawa rekomendasi DPC PAC dan mandat DPD Gerindra Sultra, maka kami anggap bahwa Ikhsan Ismail betul-betul dilegitimasi oleh partai bersangkutan," katanya.

Sementara itu, Wa Ode Maasra Manarfa merupakan Wakil Walikota Baubau yang juga Ketua DPC PBB Baubau, sedangkan Ikhsan Ismail Ketua DPC Partai Gerindra Baubau merupakan Anggota DPRD Sultra.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024