Kendari (Antara Sultra) - Kejuaran Nasional olahraga perairan memperebutkan piala bergilir Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal Cup) 2017 di Kota Kendari, dapat mengangkat potensi perairan laut di wilayah setempat.

"Masyarakat Kota Kendari khususnya dan Sultra umumnya patut berbangga dan bergembira dipilihnya Kota Kendari sebagai tempat terselenggaranya kejurnas olahraga air yang memperlombakan beberapa cabang tersebut sangat luar biasa," kata Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra, Syahruddin Nurdin saat menghadiri serangakain pembukaan Kasal Cup di Kendari, Kamis.

Kejuaraan tersebut dibuka Wakasal Laksamana Madya TNI A. Taufiq R yang didampingi Plt Gubernur Sultra HM Saleh Lasata.

Ia mengatakan, lomba olahraga air khususnya di Kendari jarang dijumpai dan bahkan memang belum pernah dilakukan untuk ajang nasional apalagi skala internasional, sehingga dengan kegiatan Kasal Cup ini dapat memberi motivasi bagi pemerintah dan masyarakat untuk mendukung penyelenggara kegiatan nasional pada tahun-tahun mendatang.

Mantan Karo Ortala Pemprov Sultra itu mengharapkan, dengan kejurnas olahraga perairan Kasal Cup yang berlangsung selama tiga hari (7-9 September) tentu akan memberi nilai positif bagi daerah terutama dapat mengundang masuknya para wisatawan nasional dan mancanaegara untuk berkunjung di ibu kota provinsi Sultra.

"Ditunjuknya Kendari sebagai tuan rumah Kasal Cup adalah kesempatan baik untuk mengasah semangat para atlet maupun upaya memajukan wisata bahari daerah yang kita cintai ini," ujar Syahruddin.

Sebelumnya, Wakasal Laksamana Madya TNI A Taufiq R mengatakan, dengan kejuaran nasional perairan Kasal Cup itu serangkaian peringatan HUT TNI Angkatan Laut 2017 dapat menjadi ajang pencarian atlet dan peningkatan prestasi olahraga perairan yang menjadi andalan Indonesia pada event setingkat Asia Tenggara, Asia, bahkan kejuaraan dunia.

"Indonesia disegani pada cabang dayung yang telah menghasilkan atlet kualifikasi olimpiade. Sebagai negara maritin Indonesia harus unggul pada cabang olahraga air," katanya.

Ia mnengatakan, kejuaraan Kasal Cup 2017 yang mempertandingkan sejumlah cabang olahraga perairan dan cabang olahraga dayung tradisional eksebisih itu memperkuat misi pembangunan Maritim Indonesia.

"Indonesia sebagai negara maritim patut bersyukur dan bangga karena menyimpan potensi untuk kesejahteraan dan keunggulan bangsa," ujar Jenderal bintang tiga itu.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024