Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara, gencar melakukan promosi hasil produksi pertanian organik berupa beras organik hingga ke mancanegara.

Bupati Buton Utara, Abu Hasan, di Kendari, Selasa, mengatakan negara yang menjadi sasaran promosi adalah Belanda, Jerman dan beberapa negara di Timur Tengah.

"Bahkan Kementerian Pertanian RI juga sudah membantu kami mempromosikan beras merah organik ini ke Korea Selatan," kata Abu Hasan.

Ia mengatakan, sebelumnya pemerintah setempat juga gencar melakukan promosi beras organik di dalam negeri melalui beberapa kegiatan pameran yang diikuti.

"Promosi yang kami lakukan membuahkan hasil dengan begitu banyaknya permintaan dalam negeri terhadap beras organk ini," katanya.

Ia mengaku, banyaknya permintaan beras merah organik tersebut sehingga pihaknya kadang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan lokal karena produksi masih terbatas.

"Saat ini kami terus mendorong warga untuk meningkatkan produksi dan luas tanam padi organik ini. Ini sudah menjadi gerakan desa tanam padi oprganik di daerah kami," katanya.

Menurut dia, keberadaan dana desa dari pemerintah pusat ikut mendorong percepatan pengembangan pertanian organik khususnya budidaya padi organik di BUton Utara.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024