Kolaka, Antara Sultra - Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, menggalakkan tanaman kedelai yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian petani baik secara perorangan maupun kelompok.

Hal itu ditandai dengan penanaman kedelai yang dilakukan Bupati Kolaka, Ahmad Safei, di lahan milik masyarakat petani Kecamatan Watubangga dengan menggunakan mesin penanam bibit (mekanisasi), Senin.

Menurut Safei petani yang ada di Watubangga harus mempunyai perhatian terhadap tanaman, apalagi tanaman yang menunjang sektor ekonomi petani baik dilakukan secara perorangan maupun kelompok.

"Apa yang kita lakukan dengan penanaman ini harus diimbangi dengan perhatian dan perawatan sehingga membuahkan hasil yang banyak," kata Safei.

Tanaman yang dirawat terutama pemupukan, kata mantan Sekda Kolaka itu, akan memberikan hasil yang memuaskan sehingga bisa menopang ekonomi keluarga.

Apalagi lanjut dia saat ini musim pancaroba sudah mulai melanda wilayah Kolaka sehingga musim kemarau akan dirasakan oleh para petani sangat panjang.

"Efektifkan penyiraman tanaman jangka panjang karena saat ini kita memasuki musim kemarau," jelas ketua Kahmi Kolaka itu saat melakukan pertemuan dengan petani di kecamatan Watubangga.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024