Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini sedang mengembangkan kawasan peternakan sapi di Wawolemo Kabupaten Konawe seluas 544 hektare.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, Muhammad Nasir, di Kendari, Minggu, mengatakan, dari luas kawasan itu yang sudah diolah areal peternakannya lengkap dengan sarana pendukung baru 150 hektare.

"Baru sekitar dua tahun ini kami kelola untuk penggembalaan sapi sekitar 150 hektare dari total luas seluas 544 hektare. Lahan itu merupakan milik Pemprov Sultra," kata Muhammad Nasir.

Ia mengatakan, saat ini di kawasan peternakan tersebut sudah ada 150 ekor sapi indukan yang dikembangkan untuk menghasilkan bibit sapi.

"Kawasan ini memang difungsikan untuk sentra pengembangan atau sentra produksi bibit sapi. Selain itu, juga sebagai tempat peggemukan sapi untuk sumber pedaging," katanya.

Menurut Nasir, untuk mendukung pengemukan dan sumber bibit sapi maka dikawasan itu juga telah ditanam berbagai jenis rumput untuk pakan ternak sapi.

"Ada lima jenis rumput yang telah kami tanam. Sehingga kedepan ditempat itu juga menjadi sumber bibit rumput pakan ternak bagi yang ingin menembangkan rumput pakan ternak sapi" katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024