Kendari, Antara Sultra - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara memprioritaskan penempatan petugas atau personel di pelabuhan penyeberangan yang ada di daerah itu untuk memantau arus mudik Idul Adha.

"Beberapa titik penyeberangan yang menjadi fokus pemantauan adalah Penyeberangan Torobulu-Tampo, penyeberangan Amolengu-Labuan, Kamaru-Wanci, Waara-Baubau, Kendari-Wawonii," katanya.

Selaian itu katanya, ditempatkan pula di penyeberangan yang langsung ke provinsi tetangga Sulawesi Selatan yakni Penyeberangan Kolaka-Bajoe, dan Penyeberangan Tobaku-Siwa.

Ia mengatakan, penyeberangan yang terlalu padat atau terjadi lonjakan maka akan dilakukan pergeseran feri dari penyeberangan yang tidak terlalu ramai.

"Atau ada alternatif lain yakni penambahan trip penyeberangan untuk memastikan semua penumpang bisa menyeberang sebelum idul adha," katanya.

Dikatakan, dalam melakukan pemantauan pelabuhan penyeberangan tersebut dilakukan secara terpadu dengan instansi terkait yakni Polda Sultra, Jasa Raharja, Dinas Bina Marga, dan Dinas Kesehatan.

"Setiap instansi ini sudah memiliki tugas masing-masing demi kelancaran mudik warga hingga sampai tujuan," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024