Kendari, Antara Sultra - Sebanyak 15 unit rumah mantan pejuang kemerdekaan (Veteran) di Sulawesi Tenggara mendapat program bedah rumah dari Kementrian BUMN dalam program BUMN hadir untuk Negeri tahun 2017 di hari Kemerdekaan RI.

Ketua Legiun Veteran Sultra, Amran Syahban di kendari mengatakan program renovasi rumah veteran di Sulawesi Tenggaran sebanyak 15 unit itu tersebar di beberapa kabupaten, antara lain 4 unit di Kota Kendari 5 unit di kabupaten Kolaka, dan 6 Unit di Kota Baubau.

"Terima kasih kepada Kementerian BUMN yang memberi kepedulian kepada mantan pejuang di daerah, semoga di tahun-tahun mendatang masih ada seperti itu," ujar dia saat acara ramah tamah usai mengikuti upacara bendera di halaman kantor Gubernur Sultra, yang dipimpin Plt Gubernur Sultra HM Saleh Lasata, Rabu.

Menurut Amran, bedah rumah yang merupakan program pemerintah melalui kementerian BUMN hendaknya terus berkesinambungan pada tahun-tahun mendatang, karena masih cukup banyak pensiuanan pejuang yang tersebar di 17 kabupaten kota di Sultra yang membutuhkan uluran bantuan dari pemerintah.

Dalam acara ramah tamah dengan pensiunan veteran, warakauri dan janda pejuang kemerdekan, Saleh Lasata mengharapka kepada mantan pejuang untuk tetap memberi masukan kepada pimpinan daerah dimanapun berada di Bumi Anoa Sultra.

"Meskipun dari segi fisik, para pensiunan pejuang sudah tidak sekuat seperti dulu, namun kita masih membutuhakn ide-ide cemerlang dari mereka semua," ujar Saleh Lasata yang dirangkaian dengan acara ramah tamah serangkaian usai upacara bendera memperigati hari Kemerdakaan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 tingkat Provinsi Sultra di pelataran kantor Gubernur Sultra.

Usai ramah tamah, gubernur memberi bingkisan kepada setiap veteran dan janda-janda warakauri sebagai bentuk taliasih dan rasa hormat kepada mantan pejuang kemerdekaan yang hadir dalam acara yang dinilai sakral itu.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024