Baubau, Antara Sultra - Sebanyak enam rumah mantan pejuang kemerdekaan di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mendapat program bedah rumah dari Kementrian BUMN dalam program "BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2017" pada HUT ke-72 Kemerdekaan RI.

Program renovasi rumah veteran di Sulawesi Tenggaran sebanyak 15 unit, yakni empat unit di Kota Kendari, lima unit di Kabupaten Kolaka, dan enam unit di Kota Baubau.

Wali Kota Baubau As Tamrin, Rabu, saat serangkaian peresmian rumah verteran tersebut mengapresiasi terhadap Kementrian BUMN atas perbaikan rumah para pejuang kemerdekaan di Kota Baubau dan berharap ditahun berikutnya program renovasi rumah dapat ditingkatkan lagi jumlahnya.

"Semoga tahun berikutnya kementrian BUMN dapat menambah jumlah perbaikan rumah para pejuang bangsa di Kota Baubau," ujaranya berharap pada tahun-tahun mendatang pihak Kementerian BUMN kembali melakukan hal yang sama.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan SDM Perum Perumnas, Hakiki Sudrajat mengungkapkan, salah satu kontribusi BUMN terhadap bangsa yakni program BUMN Hadir Untuk Negeri salah satunya bedah rumah veteran yang sudah dilaksanakan sejak 2015.

Diharapkan, program bedah rumah dapat bermanfaat bagi para pejuang nasional untuk mendapatkan tempat tinggal yang lebih layak.

"Program BUMN ini bisa terselenggara karena adanya Dana Alokasi Khusus dari BUMN dimana BUMN menyisihkan sebagin labanya untuk kegiatan sosial dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri," jelas Hakiki.

Hakiki Sudrajat menambahkan, program bedah rumah juga dapat terlaksana karena adanya kerja sama dengan pihak TNI baik penyelenggaraan maupun pengerjaan rumah.

Di sisi lain, Komandan Kodim 1413 Buton Letkol CZI Sriyanto juga menyampaikan apresianya terhadap PT Perum Perumnas atas program bedah rumah bagi para veteran.

"Kita harapkan, para veteran bertambah rasa syukurnya menjalani kehidupan keluarga yang sakina mawadah warahmah," tutur Sriyanto.

Adapun veteran yang telah dibedah rumahnya yakni Khaeruddin, Ismail Undu, Aziz Muna, Muahin, Abdul Latif, dan La Bunga.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024