Batauga, Antara Sultra - Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai mencanangkan dan membentuk Kampung KB tingkat kecamatan di daerah itu.

Pencanangan Kampung KB tingkat kecamatan tersebut dimulai di Kecamatan Batauga, yakni di Desa Bola, dilakukan oleh Sekda Buton Selatan, Kostantinus Bukide, Senin.

Pencanangan Kampung KB Kecamatan Batauga tersebut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Ali Ismail, Ketua PT PKK Buton Selatan, kepala SKPD lingkup Buton Selatan, para camat, kades/lurah kader KB, dan penyuluh KB.

Sekda Bukide mengatakan Pemda Buton Selatan telah menetapkan tujuh desa dari tujuh kecamatan yang ada di daerah itu untuk menjadi Kampung KB.

"Salah satunya adalah Desa Bola yang mewakili Kecamatan Batauga. Harapan kita ke depan peserta KB Desa Mola ini harus lebih banyak dari desa lain di Kecamatan Batauga," katanya.

Buton Selatan, kata dia, akan berusaha mendukung capaian program KKBPK Sultra, dengan cara mendorong seluruh pejabat dan aparat sipil negara untuk menjadi peserta KB.

"Pembentukan Kampung KB ini juga diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam setiap kecamatan, karena pembentukannya melibatkan dinas/instansi lainnya, seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan lainnya, sehingga bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat," katanya.

Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Ali Ismail, mengatakan angka kematian ibu dan bayi saat ini di Indonesia masih tinggi, belum lagi tingkat perceraian juga masih tinggi karena adanya pernikahan usia muda yang masih tinggi.

"Program KKBPK merupakan salah satu solusi untuk masalah kematian ibu dan anak serta menekan pernikahan usia dini. Kami berharap dukungan semua pihak dalam menyukseskan program KKBPK dimulai dari Kampung KB," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024