Kendari (Antara) - Kementrian Pemuda dan Olahraga RI menetapkan empat negara tujuan pelaksanaan program pertukaran pemuda handal Sulawesi Tenggara.

Kabid Pemuda dan Olahraga Dispora Sultra La Tandowele di Kendari, Selasa, mengatakan empat negara yang menjadi tujuan pertukaran pemuda adalah Malaysia, Australia, Canada dan Jepang.

"Kemitraan antarnegara dalam hal pertukaran antarpemuda sudah terjalin sejak lama. Banyak hal-hal positif yang menguntungkan antarnegara," kata La Tandowele.

Empat pemuda handal Sultra tersebar di Malaysia satu orang, Australia satu orang, Canada satu orang dan Jepang dua orang.

Kriteria utama mengikuti program pertukaran pemuda antarnegara adalah menguasai bahasa negara tujuan, berwawasan nusantara dan memiliki kemampuan mempromosikan budaya daerah Sultra serta nasional.

"Pemuda yang mengikuti program pertukaran pemuda antarnegara mengemban misi kebangsaan. Mereka dianggap pantas mengangkat harkat dan martabat bangsa," kata Tandowele.

Waktu yang dibutuhkan dalam program pertukaran pemuda bervariasi yakni Malaysia selama dua pekan dan Jepang selama enam bulan.

"Kita semua berharap duta pemuda asal Sultra mampu mengemban misi negara. Mereka harus mampu mengharumkan nama bangsa," katanya. 

Pewarta : Sarjono
Editor :
Copyright © ANTARA 2024