Kolaka, Antara Sultra - Bupati Kolaka, Sulawesi Tenggara, Ahmad Safei, dan wakil bupati Kokaka Muhamad Jayadin menghadiri reuni akbar SMAN 1 Watubangga dari tamatan 1996-2016 di kompleks SMA Watubangga, Minggu.

Bupati sangat mengapresiasi kegiatan yang baru digelar perdana SMA 1 Watubangga yang sudah menamatkan alumni sampai 2.000 orang.

"Reuni seperti ini harus selalu digaungkan. Minimal bisa ingat sekolah, ingat guru dan teman-teman, kalau kita sukses karena dari didikan sekolah asal," kata Ahmad Safei.

Ia mengaku, sumberdaya alumni SMA 1 Watubangga adalah potensi besar untuk mengembangkan potensi sumber daya alam yang ada di Watubangga.

"Jangan berpikir mendapat kerja itu harus di kantor, tetapi kita harus berpikir bagaimana mendapatkan uang tanpa harus embel-embel kantor. Saya tidak bisa siapkan kantor, tetapi saya bisa bantu gimana dapatkan uang," katanya.

Ia meminta alumni untuk mangembangkan dan ikut membangun daerah tanpa harus berharap dari orang lain.

Ketua Panitia Reuni, Rahmat, melaporkan alumni yang hadir dalam reuni akbar itu mencapai 3000 orang dari perwakilan sejak penamatan SMA 1 Watubangga 1999 sampai 2016.

Dikatakan, kegiatan itu merupakan yang perdana dilaksanakan sejak SMA itu lahir pada 1993 lalu dengan mengusung tema reuni tersebut "merangkai kenangan, menyatukan perbedaan menuju kebersamaan".

Dikatakan, sumber anggaran kegiatan itu merupakan partisipasi semua alumni dengan total dana sekitar Rp25 juta dan hampir semua terpakai menyisahkan saldo Rp150 ribu.

"Dalam kegiatan ini kami tidak mendapatkan sponsor atau donatur. Semua dana berasal dari alumni," katanya.

Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam reuni tersebut katanya, adalah jalan santai dan donor darah sebanyak 35 kantong darah yang terkumpul.

Dalam kesempatan itu dilakukan pula penyerahan petaka kepada ketua ikatan alumni (IKA) Alumni SMA 1 Watubangga yang beru pertama dibentuk yakni kepada Anwar Saleh yang disaksikan oleh Bupati dan Wakil Bupati.

Anwar Saleh dalam kesempatan mengapresiasi partisipasi semua alumni SMA 1 Watubangga yang menyempatkan hadir dalam kegiatan itu yang berasal dari berbagai daerah seperti Bandung, Tasikmalaya, Makassar, Bone, Kalimantan Timur, dan alumni SMA Watubangga yang tersebar seluruh Sultra, bahkan alumni SMA 1 Watubangga dari luar negeri seperti Hongkong dan Malaysia.

Dalam kesempatan itu, bupati memberikan sumbangan pribadi kepada IKA SMA 1 Watubangga sebesar Rp10 juta.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024