Kendari, Antara Sultra - Anggota DPD RI asal Sulawesi Tenggara Yusran A Silondae menyerahkan bantuan kepada masyarakat Desa Ambisea dan Anggoroboti Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) yang tertimpa bencana banjir beberapa waktu.

Bantuan yang diberikan tersebut berupa beras sebanyak 1.000 Kg, ikan kaleng 1.500 kaleng dan indomi instan 3.360 bungkus.

Staf khusus DPD RI Sultra, Bahrun Lewa di Kendari, Senin mengatakan, bantuan kepedulian anggota DPD RI kepada warga korban bencana alam di desa itu sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian kepada warga yang tertimpa bencana banjir belum lama ini.

"Jangan dilihat dari nilai atau pun besarannya tetapi DPD RI hadir dalam rangka ikut meringankan penderitaan bagi saudara-saudara yang tertimpah musibah," ujar Yusran A Silondae.

Pada acara penyerahan bantuan tersebut, mantan Wakil Gubernur Sultra itu menyatakan bahwa bantuan ini jangan dihitung jumlahnya, tetapi DPD RI turut prihatin dan kepedulian terhadap penderitaan masyarakat yang tertimpa bencana.

Bencana seperti ini, kata dia adalah peristiwa alam yang tak terhindar karena itu perlu diwaspadai kemungkinan akan terjadi kembali.

"Kita perlu banyak belajar terkait penanggulangan bencana, agar ke depan, kita dapat menolong diri sendiri apabila terjadi bencana, sehingga korban bisa seminimal mungkin," ujarnya.

Lanjut Yusran Silondae bahwa penyebab banjir karena akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi, disamping rusaknya ekosistem akibat rusaknya hutan.

"Disinilah pentingnya memelihara lingkungan kita sendiri, hutan dipertahankan kelestariannya jangan dirusak agar ekosisten tetap terjaga dan memberikan manfaat terhadap kehidupan kita," katanya.

Pada penyerahan bantuan korban bencana alam disaksikan oleh Bupati Konawe Selatan yang diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe Selatan, Armansyah dan pemerintah kecamatan dan desa setempat.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024