Kolaka, Antara Sultra - PT. Antam Tbk UBPN Sultra menggelar pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan melalui kegiatan pengelolaan keuangan Desa dan pengelolaan BUMDes se Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka.

  Dalam pelatihan itu sebagai salah satu program CSR Antam melibatkan Lembaga Asyari Institute dan dilaksanakan selama dua hari di pondok Kumoro.

Public Relation Assistant Manager H. Umar mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah dalam rangka peningkatan kapasitas dari aparat desa dalam melakukan pengelolaan keuangan dan pengelolaan BUMDes, dalam kerangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharapdari pelatihan ini outputnya adalah meningkatnya kapasitas perangkat desa dalam hal perencanaan keuangan desa, penatausahaan keuangan desa dan pelaporan keuangan desa," katanya.

Selain itu kata dia perencanaan dan pembentukan serta pengelolaan BUMDes juga diberikan pelatihan kepada warga serta Pemerintah kecamatan dan desa.

CSR Manager Antam Muhammad Rusdan mengatakan Program ini dianggap penting dengan beberapa pertimbangan,karena memang sejalan dengan program CSR perusahaan.

"Program k i telah tertuang dalam masterplan CSR baik pusat maupun unit untuk bersinergi dengan pemerintah dalam meningkatkan kapasitas kelembagaan aparat pemerintah tingkat bawah," katanya.

  Pengelolaan keuangan Desa lanjut Rusdan menjadi isu yang hangat diperbincangkan selama ini, dengan dengan diterbitkannya UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang memberikan tanggung jawab yang besar kepada Desa untuk mengelolaan dana.

Rusdan juga menjelaskan sumb dana yang turun ke desa berasal dari tiga sumber pendapatan yakni Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Kabupaten, Alokasi Dana Desa (ADD) bagian dari dana perimbangan yang diterima kabupaten dan Dana Desa dari alokasi dana APBN untuk Desa.

 "Jika ditotal nilainya cukup besar untuk setiap Desa, dan tentu saja ini membutuhkan pengelolaan yang baik, sehingga diharapkan Desa terhindar dari kesalahan maupun menyimpang dari pengelolaannya," ungkap Rusdan.

  Sementara Ketua Lembaga The Asyari Institute sebagai EO Pelaksana kegiatanya, menyampaikan bahwa Kegiatan pelatihan berlangsung menghadirkan nara sumber, Kajari Kolaka, Jefferdian, SH, Kepala BPKAD Kolaka, Nur Syamsu, Kepala Inspektorat Kolaka, Ibu Andi Tenri Gau, dan fasilitatornya, ibu Nur Wina Amas,dan Junaidin.

"Peserta pelatihan terdiri dari Kepala Desa se Kecamatan Pomalaa dan perwakilan aparaturnya serta pengelola BUMDes," Junaidin.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024