Kendari, Antara Sultra - Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam memulai kegiatan Safari Ramadhan 1438 Hijiriah di Masjid Agung Alkautsar Kota Kendari, Minggu malam.

Nur Alam saat memberikan ceramah pada kegiatan itu mengatakan puasa sejatinya untuk lebih meningkatkan ketakwaan manusia terhadap Sang Pencipta.

"Takwa tidak hanya bisa menjalankan perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya, tapi takwa adalah diwujudkan berbuat baik kepada orang lain, kepada diri sendiri, dan kepada lingkungan," katanya.

Puasa yang benar, katanya, yang bisa membawa dampak terjadinya peningkatan kualitas diri, peningkatan kualitas hubungan kepada sesama dan lingkungan.

"Sebagai seorang pejabat harus terlihat dalam tindakan sehari-hari bagaimana meninkatkan kualitas dirinya, kualitas hubungan kemasyarakatan, dan paling penting peningkatan kualitas hubungan dengan Tuhan," katanya.

Nur Alam juga berpesan kepada pemerintah daerah setempat agar selalu berdampingan dengan masyarakat dalam mengisi pembangunan dengan cara memberikan ruang kepada masyarakat untuk terlibat dalam pembangunan.

"Harapan kita, semangat menjalankan ibadah selama Ramadhan ini bisa juga tetap tertular setelah Bulan Puasa nanti," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024