Kendari (Antara Sultra) - Bupati Buton Tengah, Samahudin, yang baru dilantik oleh gubernur Sultra, akan memprioritaskan pengembangkan industri pariwisata di kabupaten itu yang potensinya cukup besar.

"Potensi pariwisata wisata di Buton Tengah cukup besar, baik wisata bahari, wisata budaya, maupun wisata petualang," katanya di Kendari, Senin.

Menurut dia, sektor pariwisata tidak berdiri sendiri melainkan saling berkaitan dengan sektor-sektor lainnya seperti sektor transportasi, komunikasi, industri perhotelan dan restoran.

Artinya kata dia, bila sektor pawisata di suatu daerah dikembangkan dan dikelola dengan, maka akan merangsang tumbuhnya berbagai kegiatan ekonomi masyarakat di sejumlah sektor.

"Oleh karena itu, selama lima tahun ke depan kami akan memberi perhatian khusus bagi pengembangan sektor pariwisata," katanya.

Ia mengatakan, Kabupaten Buton Tengah merupakan salah satu kabupaten otonom baru, pecahan dari Kabupaten Buton.

Sektor pariwsata di kabupaten itu selama ini belum berkembang dengan baik kata dia, karena tidak mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Buton.

"Salah satu obyek wisata pantai, yakni pantai Katembe pernah menjadi lokasi syuting film oleh produser film nasional bekerjasama Pemerintah Kabupaten Buton," katanya.

Namun setelah film yang diproduksi oleh produser film nasional tersebut, Pemerintah Kabupaten Buton tidak menindaklanjutinya dengan upaya-upaya promosi keberbagai daerah lain di Indonesia maupun mancanegara.

"Inya Allah kami akan memberikan porsi anggaran promosi di dalam APBD Buton Tengah, sehingga promosi pariwisata bisa berjalan masif dan Buton Tengah cepat terkenal di nusantara bahkan mancanegara," katanya.

Pewarta : Agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024