Kendari, Antara Sultra - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan membahas calon kepala daerah untuk pemilihan kepala daerah atau pilkada serentak 2018 melalui rapat kerja nasional di Denpasar, Bali, pada 19-21 Mei 2017.

Rencana PDIP membahas calon kepala daerah melalui rakernas di Denpasar tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Sekretaris PDIP Sulawesi Tenggara, Fery Dhany Malepe di Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu.

"Pada rakernas yang berlangsung selama tiga hari akan diikuti seluruh ketua dan sekretaris PDI Perjuangan Provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia," katanya.

Menurut Fery, selain membahas calon kepala daerah yang akan direkrut menjadi calon kepala daerah dari PDIP, dalam rakernas PDI Perjuangan di Bali juga membahas persiapan partai menghadapi verifikasi partai politik peserta Pemilu 2019 oleh KPU.

Dalam persiapan verfikasi partai politik tersebuta, PDIP sudah harus memastikan bahwa seluruh struktur partai mulai dari tingkat pusat, tingkat provinsi, tingkat kabupaten/kota hingga PAC dan Anak Ranting memenuhi ketentuan 30 persen perempuan.

"Bila dalam rakernas di Bali nanti ternyata masih ada kepengurusan PDIP di setiap tingkatan yang belum memenuhi ketentuan 30 persen perempuan, maka kepengurusan PDIP yang bersangkutan diminta segera memenuhi ketentuan 30 persen perempuan tersebut sebelum verifikasi partai politik dilakukan pada Oktober 2017," katanya.

Fery mengungkapkan pada rakernas yang akan dihadiri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, PDIP juga akan membahas laporan empat mantap partai.

Keempat mantap partai tersebut, yakni mantap ideologi, mantap organisasi, mantan program partai dan mantap sumber daya partai di setiap tingkatan.

"Pada rakernas Bali juga akan membahas program KTA-nisasi dan kaderisasi partai di setiap tingkatan kepengurusan," katanya.

Pewarta : agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024