Kendari, Antara Sultra - Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menargetkan semua pasar di daerah itu tertib alat ukur atau timbangan.

"Saat ini sudah beberapa pasar yang pedagangnya sudah tertib alat ukur atau akurasi alat timbangannya sudah baik. Kami akan memastikan semua pasar di daerah ini pedagangnya tertib alat ukur," kata Kepala Disdagkop dan UMKM Kendari, Syam Alam, di Kendari, Sabtu.

Dikatakan, saat sudah ada empat pasar di Kota Kendari yang meraih penghargaan serupa yakni Pasar Sentral, Pasar Lapulu, Pasar Anduonohu dan Kawasan Pedagang Kaki Lima atau sering disebut Pedys Market.

Menurut dia, efek dari penghargaan tersebut dapat menumbuhkan kepercayaan konsumen dan mendapatkan perlindungan serta tidak merasa dirugikan.

"Kami juga terus memantau dan melakukan tera ulang terhadap timbangan atau alat ukur yang digunakan pedagang untuk memastikan akurasinya," katanya.

Ia berharap pada tahun berikutnya tiga pasar tradisional yang ada di Kendari lainnya bisa meraih penghargaan serupa yakni Pasar Baruga, Pasar Panjang dan Pasar Mandonga.

"Intinya bukan persoalan penghargaan, tetapi adalah konsumen bisa merasa nyaman belanja di pasar itu karena bisa terhindar dari perlakuan tidak adil dari pedagang," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024