Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara, mengembangkan budidaya perikanan di daerah itu yakni keramba jaring apung (KJA).

Kepala Bidang Pengembangan Usaha Budidaya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Buton Tengah, Ir Azai, di Kendari, Jumat, mengatakan keramba jaring apung memiliki potensi ekonomi yang besar di daerah itu.

"Kondisi wilayah Buton Tengah yang memilili beberapa teluk dan dikelilingi selat, menjadi kawasan baik pengembangan budidaya keramba jaring apung," katanya.

Ia mengatakan, tujuh kecamatan di daerah itu memiliki kawasan pengembangan budidaya keramba jaring apung yang strtegis karena didukung kondisi wilayah kelautan.

"Kondis yang mendukung karena ombak kurang sebab berada di daerah teluk, yakni Teluk Lasongko," katanya.

Pemerintah kata dia, saat ini terus mendorong para nelayan untuk menigkatkan produksi perikanan budidaya guna memenuhi kebutuhan lokal hingga mensuplai kebutuhan beberapa kabupaten atau kota tetangga.

"Hasil produksi perikanan dari Buton Tengah mensuplai kebutuhan ikan di Kota Baubau bahkan diantarpulaukan ke beberapa daerah di Indonesia" katanya.

Menurut Azai, sektor kelautan dan perikanan merupakan sektor utama dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di Buton Tengah.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024