Kendari, Antara Sultra - Prancis melalui Pemerintah Kota La Rochelle siap membantu Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, untuk membangun akuarium raksasa di kawasan Teluk Kendari.

Wali Kota La Rochelle, Jean Francous Fountaine, saat melakukan pertemuan dengan jajaran Pemkot Kendari, di Kendari, Kamis mengaku, pihaknya memiliki pengusaha yang berpengalaman dan sudah berhasil membangun sekitar 70 akuarium raksasa di Eropa termasuk di Kota La Rochelle yang siap membantu pembangunan akaurium raksasa di Kendari

"Akuarium raksasa merupakan objek wisata utama di La Rochelle bisa menyerap wisatawan dalam jumlah besar karena ingin menyaksikan kekayaan biota laut yang ada di akuarium tersebut," kata Jean dalam bahasa Prancis sebagaimana yang diterjemahkan salah seorang penerjemah.

La Rochelle kata Jean, berkomitmen akan memberikan dukungan penuh untuk mewujudkan keinginan Pemkot Kendari membangun akuarium raksasa yang merrupakan boiatan Prancis pertama dan terbesar di Indonesia.

"Kami tidak hanya sekadar membantu membangun, tetapi juga dalam pengelolannya karena akuarium ini butuh pemeliharaan ekstra sehingga tenaga ahli kami akan tinggal beberapa tahun membina pengelola setempat hingga mampu mandiri baru ditinggalkan," katanya.

Wali Kota kendari, Asrun mengapresiasi dukungan pemerintah La Rochelle yang ingin membantu mewujudkan keinginan Pemkot Kendari membangun akuarium raksasa yang akan menjadi ikon Kota Kendari.

"Akuarium raksasa nantinya kami inginkan desainya memadukan antara hiburan dan edukasi. Karena Kendari berada dihadapan Laut Banda sehingga akuarium raksasa tersebut nantinya akan menggambarkan keanekaraaagaman ekosistem dan ekologi Laut Banda dan Wakatobi," katanya.

Akuarium itu kata Asrun, disiapkan bagi mereka yang mencintai olahraga diving dan menikmati keindahan bawah laut.

"Nanti akan buat supaya turis atau orang-orang lokal kita tak harus ke Wakatobi atau tempat lain untuk berenang, di Kendari juga bisa," katanya.

Menurut Asrun, keinginan La Rochelle membantu pembangunan akuarium raksasa tersebut, sebagai bentuk tindak lanjut dari kerja sama kemaritiman antara Kendari dan Kota La Rochelle yang telah ditandatangani di Jakarta dan disaksikan oleh Presiden Prancis.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024