Kendari (Antara Sultra) - Pemerintah Kota La Rochelle-Prancis dan Pemerintah Kota Kendari-Indonesia jalin kerja sama atau jalin kesepakatan kemaritiman yang merupakan bagian dari kerja sama antara Indonesia dan Prancis di Istana kepresidenan Jakarta, Rabu.

Penandatanganan kesepakatan tersebut dihadiri pula oleh Wali Kota La Rochelle, Jean Francous Fountaine  dan Wali Kota Kendari, Asrun.

Wali Kota Kendari, Asrun dari Jakarta mengatakan, kerja sama Kota La Rochelle dan Kota Kendari merupakan bagian dari sekitar 34 kesepakatan yang akan ditandatangani oleh pemerintah Indonesia dan Prancis dihadiri preisden Prancis, Francois Hollande dan Jokowi.

"Kerja sama ini sudah lama digagas dengan cara kunjungan wakil wali kota La Rochelle di Kendari beberapa waktu lalu dan kunjungan jajaran pemkot Kendari ke Kota La Rochelle," katanya.

Menurutnya, kesepakatan itu akan terwujud dalam bentuk hubungan kerja sama sister city (kota kembar) antara Pemkot La Rochelle dan Pemkot Kendari.

"Besok Wali Kota La Rochelle akan berkunjung ke Kendari dan melakukan tatap muka dengan jajaran Pemkot Kendari," katanya.

Menurut Asrun, Kendari adalah kota kedua yang dipilih oleh Pemkot La Rochelle untuk kerja sama karena dianggap bahwa kondisi geografis kota Kendari sangat mirip dengan wilayah La Rochelle.

"Makanya tertarik untuk menjalin kerjasama dan membantu program-program yang sampai saat ini belum terlaksana secara maksimal," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024