Kendari (Antara Sultra) - Pemerintah Kota Kendari memperbanyak pembangunan taman kota guna mendukung perluasan kawasan ruang terbuka hijau (RTH) di daerah itu.

"Kami memprogram memperbanyak taman terbuka untuk menambah kawasan RTH guna mempercantik dan menyehatkan lingkungan di kota ini," kata Wali Kota Kendari, Asrun, saat meninjau beberapa titik yang akan dibangun kawasan taman ruang terbuka hijau di Kendari, Minggu.

Ia mengtakan, kawasan yang akan menjadi prioritas pembangunan taman adalah di dekat Jembatan Kuning Kelurahan Talia.

"Ada beberapa luasan di dekat Jembatan Kuning ini akan kita bebaskan kemudian bangun taman rekreasi," kata Asrun.

Asrun mengaku, setiap kecamatan di daerah itu dibangun kawasan taman RTH baik yang disediakan oleh pemerintah maupun menggunakan lahan warga.

"Kita terus berupaya agar Kota Kendari selain bersih dari sampah, juga mempunyai ruang terbuka yang hijau sehingga menyehatkan lingkungan," katanya.

Beberapa taman yang ada di Kendari adalah Taman Teratai, Taman Meohai, Taman Kreatif Kota, Taman Kali Kadia, Tracking Mangrove Bungkutoko, Taman Traking Mangrove Lahundape dan beberapa taman lainnya.

"Taman RTH berfungsi memperindah wilayah dalam memelihara lingkungan, juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul keluarga ataupun rekreasi," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024