Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalokasikan anggaran melalui APBD 2017 sekitar Rp300 miliar untuk membenahi sejumlah ruas jalan yang mengalami rusak berat di daerah itu.

"Dana kurang lebih Rp300 miliar yang dialokasikan melalui APBD 2017 itu, untuk membiayai pekerjaan perbaikan jalan provinsi di sejumlah kabupaten di Sultra," kata Wakil Ketua DPRD Sultra, Nursalam Lada di Kendari, Rabu.

Menurut dia ruas jalan provinsi di wilayah Sultra yang tersebar pada 15 wilayah kabupaten dan dua kota saat ini tercatat sepanjang kurang lebih 1.200 kilometer.

Ruas jalan sepanjang itu, kata dia hanya kurang lebih 70 persen dalam kondisi baik, sedangkan 30 persen lainnya dalam kondisi rusak parah.

"Dengan alokasi anggaran sebesar Rp300 miliar lebih, diharapkan sejumlah ruas jalan yang mengalami rusak parah sudah bisa ditangani dengan baik," katanya.

Ia mengungkapkan sejumlah ruas jalan yang akan dibenahi tahun ini antara lain, ruas jalan Lakapera - Waara di Kabupaten Buton Tengah dan Raha - Tampo di Kabupaten Muna.

Selain itu, kata dia anggaran perbaikan ruas jalan dalam APBD 2017 tersebut juga untuk membenahi ruas jalan Batauga - Sampolawa di Kabupaten Buton Selatan.

"Kondisi ruas jalan yang akan dibenahi pada tiga kabupaten tersebut benar-benar dalam kondisi rusak parah karena sudah lama tidak mendapat perhatian," katanya.

Pewarta : agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024