Kendari, Antara - Perum Bulog divisi regional (divre) Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai pembangunan fisik gudang penyimpanan di Kabupaten Kolaka Utara.

"Pembangunan Gudang bulog tersebut letaknya strategis yakni Jalan Trans Sulawesi Desa Puncak Monapa, Kecamatan Lasusua tidak jauh dari kantor KPU Kolaka Utara," kata kepala Divre Bulog Sultra, La Ode Amijaya Kamaluddin, di Kendari, Jumat.

Ia mengatakan, gudang dengan anggaran sekitar Rp5,8 miliar tersebut terdiri gudang penyimpanan, perumahan dinas, pos penjagaan dan pengaspalan dalam areal masuk gudang.

"Lahan pembangunan gudang disiapkan pemerintah setempat, kemudian Bulog yang membangun fisiknya," katanya.

Kalau gudang itu sudah selesai dibangun kata Amijaya, maka Bulog tidak hanya menyerap beras dari petani tetapi juga mulai menyerap jagung hasil produksi petani lokal.

"Pembangunan gudang tersebut merupakan antisipasi memyerap hasil panen jagung petani yang mulai dikembangkan tahun ini," katanya.

Menurut Amijaya, pihaknya juga membangun beberapa gudang yang sama dibeberapa kabupaten seperti Kolaka Timur, Konawe, Muna Barat, Konawe Utara dan Konawe Selatan.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024