Kendari, Antara Sultra - Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tenggara menyiapkan benih cabai bagi masyarakat yang ingin mengembangkan tanaman cabai di daerah itu.

Kepala BPTP Sultra, Ir. Muhammad Asaad, di Kendari, Kamis, mengatakan pihaknya menyiapkan bibit cabai sebanyak 150.000 anakan untuk tahun ini.

"Bibit ini kami berikan kepada pihak yang akan mengembangkan cabai termasuk kepada Tim Penggerak PKK, KPPI, IWAPI Sultra," katanya.

Ia mengaku, dari target penyiapan bibit cabai tersebut, BPTP Sultra telah tersedia bibit sebanyak, 53.000 bibit dan sudah terdistribusi sebanyak 2.000 bibit.

"Penyiapan bibit ini berada di kebun bibit BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara dan KP Onembute di Konawe Selatan," katanya.

Sedangkan varietas cabai yang telah siap untuk didistibusikan antara lain Lingga, Kencana, dan cabai rawit lokal.

Menurut dia, fluktuasi harga cabai yang sangat tinggi, pada 2017 Kementerian Pertanian menargetkan penyediaan bibit cabai dan sayuran sebanyak 15.400.000 bibit.

"Penyiapan bibit cabai ini merupakan tugas kami dari kementerian pertanian dalam rangka mensukseskan Gerakan Nasional Penanaman (Gertam) Cabai dengan bekerja sama beberapa pihak dalam pendistribusiannya," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024