Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara mendukung dua sekolah percontohan pendidikan karakter yang ditunjuk pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari, Makmur di Kendari, Senin mengatakan dua sekolah percontohan pendidikan karakter adalah SD Negeri 13 Baruga dan SMP Negeri 1 Kendari.

"Setelah program sekolah delapan jam atau dikenal dengan sebutan "pool school day" yang diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tidak terlaksana maka diganti dengan program pendidikan karakter," kata Makmur.

Jika percontohan pendidikan karakter dinilai sukses maka tahun 2018 akan diterapkan ke seluruh sekolah untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang berwawasan nasional.

Dua sekolah yang menjadi percontohan pendidikan karakter masih dihadapkan beberapa kendala, antara lain, tidak memiliki kantin sehat, alat peraga pendidikan dan sarana penunjang kegiatan religius.

"Kegiatan riligius, menjaga kebersihan, menjaga kesehatan dan menjaga tutur kata serta sopan santun merupakan materi tambahan belajar murid/siswa di sekolah percontohan pendidikan karakter," katanya.

Ia mengharapkan orang tua dan pemangku kepentingan lainnya, seperti komite sekolah memaklumi proses belajar mengajar pendidikan karakter yang disana sini masih mendapat hambatan.

"Program pendidikan karakter adalah gagasan baru untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. Sebagai program baru masih menemui beberapa kendala sehingga harap dimaklumi," katanya.

Anggota DPRD KOta Kendari Umar Bonte mengatakan pemerintah harus kontinyu mengevaluasi program pendidikan karakter yang masih dalam status ujicoba.

"Evaluasi harus obyektif sehingga program pendidikan karakter tidak salah sasaran. Kalau salah sasaran maka yang akan jadi korban adalah anak didik.

Meskipun masih status ujicoba atau percontohan dukungan sarana harus menjadi perhatian pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.***4***



(S032/) 20-02-2017



NNNN

(T.S032/B/M019/M019) 20-02-2017 14:51:27

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024