Kendari, Antara Sultra - Perusahan pertambangan nikel, PT. Vale Indonesia, Tbk, membantu masyarakat membangun irigasi persawahan desa di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Direktur Komunikasi dan Hubungan Luar PT Vale, Basrie Kamba di Kendari, Kamis, mengatakan, perusahaan mengucurkan dana miliaran rupiah untuk pembangunan infrastruktur irigasi.

"Bantuan pembangunan irigasi merupakan bagian dari tanggung jawab sosial kemasyarakatan PT. Vale Indonesia yang memiliki area konsesi penambangan di Sultra," katanya.

Ia menambahkan penyerahan dana tanggungjawab sosial kemasyarakatan tersebut telah menjadi komitmen perusahaan dan dicanangkan penyerahannya sejak 2015.

"Kami berbahagia dengan terealisasinya dana tanggung jawab sosial kemasyarakatan dengan senantiasa menjunjung tinggi prinsip transparansi, akuntabilitas dan partisipatif," ujarnya.

Ia berharap dana tanggungjawab sosial kemasyarakatan bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain bantuan dana pembangunan irigasi persawahan dan perbaikan bendungan juga kegiatan pemulihan kawasan hutan bakau di bay pass Kolaka.

Juga perusahaan yang bergerak pada sektor pertambangan tersebut merealisasikan dana sosial kemasyarakatan sebesar Rp18 miliar untuk mendukung pembangunan sarana Rumah Sakit Provinsi Bahteramas.

Wakil Ketua DPRD Sultra Jumardin menyambut baik kepekaan perusahaan pertambangan PT Vale terhadap kesejahteraan masyarakat, khusus petani.

"Hakekat kehadiran investor di daerah ini untuk mewujudkan kesejahtraan seluruh rakyat. Petani membutuhkan ketersediaan air untuk mengairi areal persawahan mereka sehingga pembangunan irigasi dan bendungan tepat sasaran," kata Jumardin politikus Partai Demokrat daerah pemilihan Kolaka dan Kolaka Utara.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024