Pasarwajo, Sultra, Antara Sultra - Legislator DPR RI, Wiryanti Sukamdani, mendorong masyarakat Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mengembangkan industri pariwisata yang potensinya di kabupaten itu cukup besar.

"Industri pariwisata tidak berdiri sendiri. Bila dikembangkan dengan baik, pariwsiata bisa merangsang tumbuhnya berbagai kegiatan ekonomi masyarakat," katanya di Pasarwajo, sesaat sebelum kembali ke Jakarta, Selasa.

Berada di Pasarwajo, anggota Komisi X DPR RI itu menghadiri rapat kerja khusus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Kabupaten Buton yang berakhir Senin (16/1) malam.

Menurut dia, Kabupaten Buton merupakan salah satu kabupaten tertua di Sultra yang di dalamnya banyak terdapat potensi pariwisata menarik.

Berbagai potensi sejarah tersebut antara lain potensi pariwisata sejarah, pariwisata budaya, kuliner khas tradisional hingga potensi pariwisata bahari.

"Saya tahu Buton di masa lampau merupakan bekas kerajaan dan kesulutanan di Nusantara yang di dalamnya banyak menyimpan situs sejarah seperti pakaian kebesaran kerajaan dan situs benteng. Berbagai situs sejarah tersebut jika dikelola menjandi industri pariwisata, bisa menarik minat banyak wisatawan untuk mengunjunginya," katanya.

Ia mengatakan, ketika industri pariwisata berkembang baik kata dia, maka diikuti dengan tumbuhnya berbagai kegiatan ekonomi seperti usaha kuliner khas daerah, perhotelan, industri kerajinan, usaha jasa transportasi dan lain.

"Pokoknya, pengembangan pariwisata banyak membuka lapangan usaha, menyerap banyak tenaga kerja dan menjanjikan kesejahteraan bagi masyarakat," katanya.

Pewarta : agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024