Wangiwangi, Sultra, Antara Sultra - Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Provinsii Sulawesi Tenggara, tahun ini membangun kapal cepat untuk melayani transportasi dengan rute empat pulau besar di daerah itu.

"Kapal yang akan kami bangun untuk merangkai empat pulau besar di Wakatobi ini berkecepatan 42 knot," kata Bupati Wakatobi Aruhawi Ruda di Wangiwangi, Sabtu.

Sebanyak empat pulau besar itu, adalah Pulau Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Dengan kapal tersebut, kata dia, para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, lebih mudah menjangkau semua objek wisata yang ada di empat pulau besar di Wakatobi.

"Selama ini, hanya Pulau Hoga di Kaledupa dan One Mombaa di Tomia yang sering dikunjungi para wisatawan," katanya.

Dia menjelaskan hampir seluruh wilayah Kabupaten Wakatobi yang seluas 1,5 juta hektare menawarkan keindahan luar biasa bagi para wisatawan.

Bahkan, kata dia, ada pulau di Wakatobi bernama Pulau Runduma yang dapat menghilangkan segala penyakit yang diderita ketika berada di pulau tersebut.

"Selama ini pulau tersebut tidak pernah dikunjungi para wisatawan karena jaraknya cukup jauh dari Wangiwangi, Ibu Kota Kabupaten Wakatobi. Dengan kapal yang kami akan bangun nanti, pulau tersebut sudah bisa dikunjungi para wisatawan," katanya.

Pewarta : agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024