Laworo (Antara News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat (Mubar)) telah menyiapkan sebanyak 119 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 81 desa dan lima kelurahan untuk pencoblosan pada pemilihan kepala daerah (pilkada) yang dijadwalkan pada 15 Februari 2017.
     "Penetapan jumlah TPS ini berdasarkan jumlah pemilih dari hasil sinkronisasi antara Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir pada Pilpres yang lalu," kata Ketua Divisi Program dan Data KPU Muna Barat Alirun Asa di Laworo, Rabu.
     Menurut dia, penetapan TPS tersebut juga disesuaikan dengan potensi pemilih dalam wilayah desa, dan setiap TPS tidak melebihi 800 pemilih, jika dalam wilayah itu angka pemilihnya melebihi 800 jiwa, maka dibuatkan dua TPS.
     "Kalau kita melihat perkembangan DPT di Mubar, tiap desa itu bervariasi. Ada yang mencapai 800 pemilih, ada juga ada juga di bawah angka itu. Jika jumlah pemilih lebih kecil tetap dibuatkan satu TPS,"ujarnya.
     Alirun mengatakan, penentuan TPS tersebut tidak terlepas dengan jumlah daftar pemilih. Saat ini Daftar pemilih sementara (DPS) Mubar sesuai hasil verifikasi mencapai 53.514 jiwa, dan kondisi jumlah pemilih sementara tersebut bisa berpotensi bertambah atau juga bisa berkurang.
     "Potensi bertambah jumlah pemilih, apabila ada warga yang sudah memenuhi syarat memilih, luput dari pendataan panitian pemutakhiran data pemilih (PPDP). Sebaliknya potensi jumlah pemilih berkurang apabila sebanyak 8.532 penduduk yang belum memiliki E-KTP dan surat keterangan domisili, benar-benar tidak ada orangnya," katanya seraya menambahkan potensi bertambah atau berkurangnya jumlah DPT ini tidak akan mempengaruhi jumlah TPS tersebut.
     Ia juga mengatakan, jumlah pemilih tersebut tersebar di wilayah daratan dan pesisir, yang jumlah penduduknya hampir sama.
     "Bagi daerah pesisir khususnya yang masuk wilayah kepulauan dan susah akses, maka jauh-jauh hari disiapkan TPS, termasuk pendistribusian logistik nanti. Pembuatan TPS nanti setelah distribusi logistik yang diperkirakan dua hari sebelum hari pencoblosan," ujarnya.

Pewarta : La Ode Gola
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024