Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari membangun rumah singgah yang diperuntukkan bagi anak jalanan yang ada di kota itu.
Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kendari, Hamsir di Kendari, Rabu mengatakan rumah singgah untuk menunjang pembinaan terhadap anak jalanan yang ada.
"Rumah singgah ini nantinya hanya diperuntukan bagi anak jalanan Kota Kendari, sedangkan dari daerah tidak diperbolehkan untuk menempati rumah tersebut," ucapnya.
Sudah dilakukan pendataan terhadap anak jalanan di kota itu yang semakin menurun jumlahnya.
Dengan berbagai pendekatan dan pembinaan yang kami lakukan sehingga jumlah anak jalanan di Kendari dalam catatan kami sekitar 50 orang atau menurun dari jumlah sebelumnya pernah capai 130 orang, ujarnya.
Menurut dia, kebanyakan anak jalanan yang berkeliaran di Kota Kendari berasal dari keluarga yang sebenarnya mampu, hanya karena tidak merasa betah berada di rumah sehingga anak tersebut banyak menghabiskan waktunya di jalan bersama teman-temannya.
"Rumah singgah itu adalah untuk membantu anak jalanan yang banyak dan tidak memiliki tempat tinggal. Di rumah singgah nantinta akan diajarkan keterampilan, kemudian secara mental spiritual itu juga akan dilakukan pembinaan," katanya.
Disebutkan, rumah tinggah tersebut nantinya akan dibangun di Kelurahan Korumba yidak jauh dari Masjid Al Jariyah sehingga akan mendukung pembinaan mental spritual anak jalanan tersebut.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024