Kendari (Antara News) - Wali Kota Kendari, Asrun mengatakan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite akan lebih menguntungkan warga karena memiliki banyak keunggulan.
"Dari segi lingkungan, produk terbaru dari Pertamina ini juga lebih ramah lingkungan," kata Asrun saat menghadiri launching pemasaran pertalite di Kota Kendari, bertempat di SPBU Tapak Kuda, Jalan ZA Sugianto Kendari, Senin.
Ia mengatakan, dengan kehadiran BBM jenis pertalite di Kendari, maka akan ada pilihan baur bagi warga dalam memperoleh jenis bahan bakar selain premium dan pertamax.
"Harapan kita, kualitas pertalite dapat terus dijaga agar masyarakat dapat memanfaatkan sebaik-baiknya," katanya.
Menurut Asrun, dengan kehadiran pertalite ini tentunya akan mengurangi pengguna jenis BBM premium sehingga tidak akan kelangkaan BBM premium.
General Manager Pertamina Marketing Operasional Region VII Sulawesi, Tengku Badarsyah, saat meresmikan penjualan tersebut menjelaskan, BBM jenis baru ini lebih unggul di kelasnya dibandingkan dengan BBM jenis Premium/bensin.
"Pertalite memiliki kadar oktan lebih tinggi dari premium dan lebih rendah dari pertamax.
Dengan demikian kata dia, maka ukuran RON untuk Pertalite diperkirakan antara RON 90.
"Pertalite ini merupakan BBM dengan spesifikasi teknis angka oktan (RON) 90 sebagai varian produk antara premium dan pertamax. Juga ditambahkan beberapa bahan aditif dan pewarna hingga kualitasnya lebih baik dibandingkan premium," katanya.

Pewarta : Suprman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024