Kendari (Antara News) - Pertamina meluncurkan penjualan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) bertempat di SPBU Tapak Kuda Jalan ZA Sugianto Kendari, Senin.

"Hari ini masyarakat Kota Kendari, sudah dapat menikmati BBM jenis baru yakni Pertalite dengan harga Rp7.100 perliter," kata General Manager Pertamina Marketing Operasional Region VII Sulawesi, Tengku Badarsyah, saat meresmikan penjualan BBM pertalite tersebut.

Ia menjelaskan, BBM jenis baru ini lebih unggul dikelasnya dibandingkan dengan BBM jenis Premium/bensin.

"Pertalite memiliki kadar oktan lebih tinggi dari premium dan lebih rendah dari pertamax.

Dengan demikian kata dia, maka ukuran RON untuk Pertalite diperkirakan antara RON 90.

"Pertalite ini merupakan BBM dengan spesifikasi teknis angka oktan (RON) 90 sebagai varian produk antara premium dan pertamax. Juga ditambahkan beberapa bahan aditif dan pewarna hingga kualitasnya lebih baik dibandingkan premium," katanya.

Menurut dia, Produk ini memiliki kandungan RON yang lebih baik dan ramah lingkungan dibandingkan premium, lebih bersih, lebih ringan, lebih baik daripada Premium, tapi harganya lebih murah dari Pertamax.

"Pertalite memiliki kadar oktan lebih tinggi dari premium, dengan begitu untuk setiap konsumen yang menggunakan produk ini pun diklaim akan menghasilkan pembakaran yang lebih optimal daripada menggunakan premium. Lebih bersih sehingga Pertalite juga dipastikan tidak membuat mesin kendaraan mudah rusak dan bunyi," katanya.

Launcing tersebut dihadi pula oleh Wali Kota Kendari, Asrun, perwakilan Kodim 1417 Kendari dan perwakilan Polresta Kendari.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024