Baubau (Antara News) - DPRD dan Pemerintah Kota Baubau menggelar rapat paripurna istimewa mendengarkan pidato walikota daerah itu dalam rangka peringatan hari jadi ke-475 Baubau dan hari ulang tahun KE-15 Kota Baubau sebagai daerah otonom tahun 2016, Senin.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Baubau Roslina Rahim,dihadiri Wakil Walikota Baubau Wa Ode Maasra Manarfa, forum koordinasi pimpinan daerah setempat, Asisten I Setprov Sultra Syarifuddin Safaa, wakil Bupati Buton La Bakry, dan kepala satuan kerja perangkat daerah lingkup Pemkot Baubau.

Selain itu, pimpinan partai politik, pimpinan perguruan tinggi, serta camat dan lurah se-kota Baubau, serta tokoh masyarakat.

Walikota Baubau AS Tamrin mengatakan,hakekat hari ulang tahun Baubau mengandung suatu makna  melakukan refleksi diri dalam perjalanan daerah yang ke-15 sebagai daerah otonom, sehingga begitu dapat mengetahui apa saja kelemahan dan kekurangan selama ini yang kedepannya diperbaiki dan disempurnakan.

"Peletakan dasar-dasar pembangunan harus dimulai dari sekarang dengan sinergitas antara pemerintah,legislatif dan seluruh elemen masyarakat,karena merupakan suatu hal yang niscaya bisa menciptakan dan memacu percepatan pembangunan," katanya, usai rapat paripurna yang digelar di Aula Palagimata Kantor walikota Baubau.

Disamping itu,lanjut dia, ulang tahun Baubau itu juga untuk menggugah masyarakat agar secara kompak bahu membahu didalam mengisi pembangunan karena tanpa kekompakan seluruh elemen masyarakat pembangunan akan tersendat-sendat.

"Kalau kita kompak dan rukun-rukun serta bahu membahu semua itu, maka Insya Allah akan lebih cepat pembangunan itu dicapai," katanya.

Sementara Ketua DPRD Baubau Roslina Rahim menyampaikan kinerja dewan dalam dua tahun terakhir telah banyak mendorong pemerintah untuk konsisten menerapkan peraturan daerah ditengah masyarakat untuk memberikan kepastian hukum dimasyarakat.

"DPRD Baubau telah melakukan fungsi anggaran yakni telah melaksanakan pembahasan APBD Perubahan dan KUA-PPAS 2016. Selain itu,terkait fungsi anggaran juga kami mengingatkan kepada pemerintah untuk menyiapkan dokumen APBD 2017 untuk segera dibahas," ujarnya dalam rapat paripurna.

Pewarta : Yusran
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024