Makassar (Antara News) - Festival Pelajar Sulawesi Selatan  yang digelar Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel menjadi ajang unjuk kemampuan ribuan siswa se-provinsi tersebut.

         "Pada festival siswa memperlihatkan daya saingnya, mereka juga bisa membandingkan kapasitas diri," kata Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo yang ditemui seusai pembukaan festival tersebut di Makassar, Jumat.

         Festival yang diperkirakan dihadiri sekitar delapan ribu siswa   juga menjadi ajang evaluasi bagi pendidik apakah pola pendidikan selama ini, antara akademik, minat, dan bakat siswa sudah setara.

         Melalui ajang ini,  tambahnya,  pihaknya dapat menilai apakah pembinaan yang dilakukan sudah mengarah kepada kolaborasi antara guru dan murid.

         Festival ini, jelas Irman, menggelar tidak kurang dari 31 kompetisi dan tujuh pementasan untuk melatih para siswa menjadi terbiasa dengan kompetisi.

         "Ini penting,  karena ke depan kompetisi di tingkat global tidak bisa dihindarkan," katanya.

         Beberapa kompetisi yang dipertandingkan antara lain lomba azan, melukis, futsal,  basket,  MTQ tingkat pelajar,  lomba sain,  design grafis, dan pentas seni.

         Berbagai kompetisi ini, kata dia,  telah menggunakan standar nasional,  sehingga para siswa dapat bersaing dengan standar yang sama.

         Sementara itu,  Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan Festival Pelajar ini menjadi salah satu langkah strategis, dalam menghadirkan pendidikan yang lebih baik.

         "Ini menjadi bukti,  bahwa semua sangat serius untuk menghadirkan pendidikan yang lebih baik, lebih maju, dan lebih modern di Sulawesi Selatan," kata Syahrul.

         Festival Pelajar Sulsel akan digelar hingga 16 Oktober mendatang di Anjungan Pantai Losari,  Kota Makassar.

Pewarta : Nurhaya J. Panga
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024