Makassar (Antara News) -  Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mencanangkan penanaman komoditas perkebunan di 1.000 titik yang tersebar di 1.000 desa dan kelurahan di 24 kabupaten serta kota se-Sulsel.

        "Ini adalah bentuk ajakan dan komitmen kita untuk mengoptimalkan sumber daya alam kita," kata Syahrul usai pencanangan program tersebut di Makassar, Kamis.

         Ia mengatakan penanaman serentak komoditi perkebunan di 1.000 titik merupakan bagian dari program Gerakan 1.000 Kebaikan dalam rangka HUT Sulsel.

         Menurut  Gubernur, jika semua pihak mengambil bagian untuk mempersembahkan 1.000 kebaikan, maka hasilnya akan sangat luar biasa untuk masyarakat.

         "Gerakan 1.000 Kebaikan ini, karena kita mau rakyat tersenyum. Pemerintah selalu ada di tengah-tengah masyarakat. Tidak ada korupsi, pungli, dan selalu jujur," kata Syahrul.

         Sementara itu,  Kepala Dinas Perkebunan Sulsel Achmar Manring, mengatakan penanaman ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT Sulsel ke 347.

         Ia dilakukan pencacatan dan registrasi jumlah tanaman yang akan ditanam, sampai nomor urut 1.078. Adapun komoditi yang ditanam, antara lain pala, cengkeh, kelapa, dan kelapa sawit.

         "Dalam kesempatan ini kami juga laporkan, kami di Dinas Perkebunan mendapatkan penghargaan Pengelola Data Statistik Perkebunan Terbaik se Indonesia," ujarnya.

         Dalam kegiatan tersebut, empat kabupaten juga melaporkan secara langsung kegiatan penanaman serentak kepada Gubernur Sulsel melalui video konference yakni Kabupaten Luwu Utara, Enrekang, Bulukumba, dan Soppeng.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024