Kolaka (Antara News) - PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) melibatkan para pelajar dan pemuda serta aparat TNI menanam pohon lindung di sepanjang jalur "by pass" yang menghubungkan Kota Kolaka dengan Pomalaa.

Manajer CSR PT Antam UBPN Sultra Muhammad Rusdan di Kolaka Sabtu mengatakan, kegiatan penanaman pohon tersebut sangat positif untuk menanamkan kepada para anak didik dan generasi muda sejak dini, agar menjadi kebiasan dan budaya positif bagi warga.

"Kalangan pelajar dari SD Swasta Antam, dan para pemuda dari KNPI Kolaka turut mengambil peran bersama PT Antam dan TNI di daerah itu untuk melakukan penanaman pohon di jalur Kota Kolaka dan sekitar," katanya.

Menurut Rusdan, pihaknya melibatkan berbagai pihak untuk berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan, selain dengan menanam pohon lindung di kota tersebut, juga melakukan pembersihan lingkungan pesisir pantai.

"Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat yang tinggal di sekitar pinggir pantai untuk menerapkan pola hidup sehat," ungkapnya.

Rusdan juga menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan pro lingkungan PT Antam dalam mewujudkan Program Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. "Perusahaan Antam terus bersinergi untuk menjaga dan melestarikan lingkungan demi keberlangsungan masa depan yang lebih baik," ujarnya.

Sementara Koordinator kegiatan tersebut Firlan Alimsyah mengatakan kegiatan pembersihan dan penanaman pohon itu diawali di Kelurahan Dawi-Dawi dan terus berlanjut pada kegiatan berikutnya dengan menggandeng berbagai komponen masyarakat. "Dengan harapan daerah yang kita cintai ini bisa menjadi nampak selalu bersih dan indah untuk dipandang," ujarnya.

Kegiatan penanaman pohon itu melibatkan siswa sekolah dasar, aktivis KNPI, dan beberapa organisasi pencinta alam di Kecamatan Pomalaa.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024