Kendari (Antara News) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari berkomitmen terus mendorong program kepemilikan akte kelahiran bagi warga di daerah itu.

"Dalam setiap kesempatan kami menyampaikan kepada warga agar mengurus akte kelahiran sebagai salah satu identitas diri," kata kepala Diadukcapil Kendari Muhammad Rizal di Kendari, Jumat.

Ia mengatakan, dorongan pemerintah daerah dalam memotivasi masyarakat agar memiliki akta kelahiran itu diproyeksikan pula sebagai langkah penertiban adminsitrasi kependudukan di daerah itu. "Khususnya kepada orang tua, kami harapkan agar melengkapi kelahiran putra putrinya dengan akta kelahiran," katanya.

Menurut dia, kepemilikan akta kelahiran bagi warga negara sudah menjadi kebutuhan dasar.

"Penggunaan akta kelahiran bagi warga negara tidak hanya ketika seseorang hendak mendaftar sekolah. Akan tetapi dimanfaatkan juga saat seseorang mengurusan pencatatan data pribadi ketika membuat paspor, melamar pekerjaan, dan kebutuhan lainnya," katanya.

Untuk meningkatkan cakupan akta kelahiran kata Rizal, pihaknya akan bekerja sama dengan dua rumah sakit milik pemerintah di Kendari yakni RSUD Kota Kendari dam RSUD Bahteramas Provinsi Sultra agar anak yang lahir di rumah sakit tersebut bisa langsung dibuatkan akte kelahirannya sebelum pulang ke rumahnya.

"Personil kami yang akan turun ke lapangan atau rumah sakit untuk membantu pemenuhan kelengkapan berkas untuk dibuatkan akte kelahiran anak di rumah sakit," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024