Kendari (Antara News) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara melibatkan jajaran TNI dalam menyosialisasikan berbagai program Keluarga Berencana kepada masyarakat.

"Kami libatkan bintara pembina desa atau babinsa menjadi penyambung lidah terhadap program-program kependudukan dan pembangunan keluarga bersama-sama tenaga penyuluh kami di lapangan," kata Kepala BKKBN Sultra Syahruddin di Kendari, Rabu.

Ia mengatakan sebelum turun lapangan maka pihaknya memberikan pelatihan atau pembekalan kepada sejumlah babinsa yang akan ditempatkan di wilayah tugasnya.

Pihaknya telah melatih 212 babinsa yang tersebar di 17 kabupaten dan kota serta akan terus ditingkatkan jumlahnya pada tahun-tahun mendatang. "Selama ini TNI adalah salah satu mitra dari BKKBN yang dinilai gerakannya cukup efektif, melalui tenaga babinsa," katanya.

Menurut dia, peran babinsa dalam menyosialisasikan program kependudukan dan Keluarga Berencana efektif dan mendapat sambutan antusias dari masyarakat. "Apalagi ada babinsa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, oleh karena itu babinsa kami harapkan terus berkoordinasi untuk menggarap sasaran dari BKKBN," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024