Kendari (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Bombana akan melakukan pembenahan sektor pariwisata unggulan khususnya yang ada di Pulau Kabaena guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Untuk menarik lebih banyak minat wisatawan lokal dan mancanegara datang ke daerah ini, maka kita harus siapkan objek wisata yang baik," kata Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Bombana, Jannariah di Kendari, Senin.

Menurut Jannariah sejumlah wisata yang dapat menarik perhatian pengunjung dan bernilai tinggi adalah wisata budaya di Tangkeno di Kecamatan Kabaena Tengah.

Ia mengatakan, ditetapkannya Tangkeno sebagai wisata budaya karena daerah itu memiliki beragam wisata yang tidak hanya keramahtamahan penduduknya tapi berbagai pesona alam yang indah dan menawan.

"Jadi wisata budaya Tangkeno sebagai salah satu wisata unggulan di Bombana itu karena juga dijuluki `negeri di awan` karena berada di ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan air laut," ujarnya.

Untuk itu, kata Jannariah, Pemkab Bombana terus menyiapkan berbagai alternatif dalam pengembangan potensi pariwisata, seperti pembenahan dan renovasi kawasan wisata, membangun prasaran `home stay` menciptakan daerah tujuan wisata serta melakukan promosi ke berbagai daerah.

Ia mengaku, pembangunan di bidang pariwisata adalah investasi jangka panjang yang dapat memberikan dampak positif terhadap percepatan pembangunan di daerah.

Selain wisata budaya Tangkeno, di sekitar kawasanya terdapat ada benteng-benteng tua, pantai berpasir putih dan masih alami, sehingga bagi wisatawan yang pernah berkunjung diwilayah itu rata-rata pasti inap 1-3 malam untuk menikmati panorama alam yang masih asri.

Pulau Kabaena yang terpisah daratan dengan Ibukota Bombana, dan bisa ditempuh dengan jasa kapal motor sekitar 3-4 jam memiliki beragam obyek wisata yang disukai wisatawan, seperti alam yang indah, air terjun dan wisata bahari pulau Sagori yang asri dan mengejutkan.

Pewarta : Azis Senong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024