Kendari (Antara News) - Kapal peserta `yacht rally` (konvoi kapal layar mewah) dalam rangka memeriahkan Sail Karimata 2016 pada 17 Agutus 2016, singgah di Wakatobi bertambah 13 kapal lagi.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Pemerintah Kabupaten Wakatobi, La Ode Ifi melalui telepon dari Kendari-Wangiwangi, Selasa mengatakan dengan tambahan 13 kapal layar mewah tersebut, maka jumlah kapal mewah yang singgah di Wakatobi saat ini sudah mencapai 28 kapal.

"Sesuai informasi yang disampaikan pihak panitia konvoi kapal layar mewah peserta Sail Karimata, masih ada 13 kapal lagi yang akan singah di Wakatobi," katanya.

Menurut dia, jumlah penumpang 28 kapal layar mewah yang singgah di Wakatobi tersebut sebanyak 65 orang yang berasal dari beberapa negara antara lain Australia, Belgia, New Zeland dan Australia.

Selama berada di Wakatobi, kata dia, para penumpang kapal mewah tersebut telah mengunjungi beberapa obyek wisata di Wakatobi, terutama Benteng Liya Togo.

Selain itu, kata dia, para wisatawan mancangera itu juga akan menyelam di beberapa lokasi penyelaman di Wakatobi, terutama di Pulau Hoga di Kaledupa dan Pantai Sombu di Wangiwangi. "Pulau Hoga dan Pantai Sombu, merupakan lokasi penyelaman terbaik di Wakatobi. Di dua lokasi tersebut terdapat terumbu karang yang cukup indah dan menakjubkan," katanya.

Menurut dia, sebelum masuk di Wakatobi, peserta konvoi kapal layar mewah tersebut singgah di Kupang, NTT lalu masuk Samlaki, Banda dan selanjutnya Wakatobi.

Dari Wakatobi, mereka akan melanjutkan pelayaran ke Buton, Bombana dan Selayar, Sulawesi Selatan. "Dari Selayar, kapal-kapal layar tersebut akan melanjutkan pelayaran ke Karimata mengikuti puncak perayaan Sail Indonesia dan selanjutnya kembali ke negara masing-masing melalui Singapura," katanya.

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024