Kendari (Antara News) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah Kota Kendari, Hayani Imbu mengatakan Pemilihan Walikota (Pilwali) Kendari 2017 sepi peminat dari calon independen.

"Sepertinya pilkada Kendari 2017 tidak akan diramaikan pasangan calon (paslon) perseorangan atau independen. Hingga satu hari jelang penutupan jadwal belum ada bakal calon (balon) wali kota yang datang menyetor syarat dukungan minimal," kata Hayani Imbu di Kendari, Selasa.

Ia mengatakan, waktu pendaftaran tersisa satu hari lagi dan tetap berharap dan menunggu kalau ada calon independen yang datang menyerahkan dukungan. "Bila sampai besok Rabu (10/9) tidak ada pasangan calon independen yang menyerahkan syarat dukungan maka otomatis tidak ada pasangan calon perseorangan dalam perhelatan Pilkada Kendari 2017," katanya.

Menurut dia, pihaknya sudah jauh hari mengumumkan di media massa tentang jadwal dan syarat penyerahan dukungan.  "Syarat dukungan minimal yakni 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT)," katanya.

Dia menyebutkan, untuk di Kota Kendari maka calon independen harus mengumpulkan dukungan minimal 24.368 kartu identitas yang tersebar minimal enam kecamatan dari 10 Kecamatan di daerah itu.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024