Baubau (Antara) - Pemerintah Kota Baubau menampilkan pakaian adat Kesultanan Buton dan tarian khas daerah pada pawai budaya kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apkesi) V di Kota Jambi 26-29 Juli 2016.

Release yang diterima Antara dari Badan Kominfo Kota Baubau menyebutkan, kontingen pawai budaya Kota Baubau yang diikuti oleh sejumlah pejabat lingkup daerah itu menampilkan atraksi budaya tari 'Galangi' yang dikawal pasukan Saraginti diawali dengan teriakan "tompa laijo" sebagai yel-yel penyemangat dengan diiringi tabuhan genderang.

Sembilan orang punggawa penari 'Galangi' yang beraksi diiringi pembacaan sinopsis singkat dan pengenalan Kota Baubau secara umum sehingga memukau para walikota anggota Apeksi dan masyarakat Kota Baubau di Jambi yang antusias menyaksikan kegiatan itu.   
   
Usai pelaksanaan pawai budaya itu dilanjutkan pembukaan pameran dan kunjungan ke stand pameran city expo yang juga menampilkan produk-produk unggulan, pesona dan potensi yang dimiliki tiap-tiap kota anggota Apeksi.

Pada acara Apeksi V di Jambi itu, daerah anggota Apeksi juga menampilkan pesona budaya berupa keseniaan tradisional, karnaval fashion, dan pawai busana adat. Khusus Kota Baubau dipimpin Sekretaris Daerah Baubau Muhammad Djudul yang mendampingi ibu Walikota Baubau, Ny Sartini Tamrin.

Pewarta : Yusran
Editor :
Copyright © ANTARA 2024