Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari meminta kepada pihak yang berwenang dan berkompeten agar segera memfungsikan Pelabuhan Kontainer Bungkutoko.

"Apa gunanya sudah dibangun dengan anggaran miliaran rupiah, kemudian sudah diresmikan oleh Menteri Perhubungan, tetapi belum difungsikan," kata Wali Kota Kendari Asrun di Kendari, Kamis.

Asrun mengatakan, kalau pelabuhan itu tidak dioperasikan maka merugikan negara dan masyarakat. "Aset negara sudah sekian lama dibangun, tetapi tidak digunakan yang seharusnya sudah bisa menghasilkan devisa buat negara," katanya.

Ia mengatakan pemerintah kota sangat mendukung pembangunan pelabuhan tersebut karena secara tidak langsung yang akan merasakan dampak ekonomi besar dioperasikannya pelabuhan itu adalah warga di Kendari. "Kalau pelabuhan itu sudah dioperasikan maka arus keluar masuk barang akan lancar sehingga ini akan berdampak pada masyarakat," katanya.

Asrun mengaku telah memberikan dukungan penuh terhadap keberadaan dan pengoperasian pelabuhan Bungkutoko tersebut, yakni mulai dari pembebasan lahan pembangunan pelabuhan hingga pembuatan akses jalan menuju pelabuhan dan pembangunan jembatan yang menghubungkan daratan Kota Kendari dengan Pulau Bungkutoko lokasi pelabuhan tersebut.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024