Baubau (Antara News) - Pemerintah Kota Baubau yang akan mengikuti kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Provinsi Jambi pada 26-28 Juli 2016 akan menampilkan produk dan benda pusaka daerah itu.

"Pemerintah Kota Baubau pada dasarnya sama seperti daerah lain akan hadir mengikuti kegiatan Apeksi itu, tentu dengan agenda yang standar di antaranya pameran produk-produk anggota Apeksi," ujar Asisten I Setda Kota Baubau, La Ode Aswad di Baubau, Sabtu.

Menurut Aswad, pada kegiatan Apeksi tersebut nanti pihaknya berencana juga menampilkan tarian khas pada acara "Kesenian Malam City Expo" di kota tersebut.

Dia menambahkan, pada pameran city expo nanti, Pemkot Baubau akan menampilkan produk dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Kehutanan, Dinas Perikanan dan Kelautan, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Baubau.

"Misalnya Dinas Pariwisata akan menampilkan produk benda-benda pusaka. Namun kegiatan Apeksi itu tim Baubau kemungkinan tidak akan terlalu banyak yang akan ikut karena bertepatan dengan Hari Jambore di Kota Baubau akhir Juli 2016," kata Aswad.

Menurut dia, pihaknya tengah menyiapkan agenda keberangkatan termasuk pengisian stan pameran nanti, karena pengalaman kegiatan pameran sebelumnya bukan zamannya untuk mengisi dengan brosur atau pamplet, tetapi produk yang ada di daerah.

Selain mengikuti kegiatan pameran Apeksi itu, kata dia, Kota Baubau juga akan mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) Apeksi untuk memilih ketua Apeksi yang baru untuk kepemimpinan empat tahun ke depan.

"Pada kegiatan Apeksi tahun lalu di Ambon, Wali Kota Baubau juga menyampatkan diri bertemu dengan kerukunan masyarakat Buton di Ambon. Begitu juga di Jambi, kalau ada kerukunan warga Buton, diupayakan untuk bersilaturahmi dengan Pemerintah Kota Baubau," katanya.

Pewarta : Yusran
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024