Raha (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Muna mulai mempersiapkan penyambutan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia, dengan mengisi berbagai acara perlombaan dan kegiatan sosial.

Pada rapat pertemuan yang dipimpin Sekda Muna Nurdin Pamone di Raha Sabtu menyebutkan beberapa kegiatan lomba yang akan memeriahkan pesta HUT RI tersebut antara lain lomba gerak jalan indah yang melibatkan seluruh masyarakat dan instansi di Muna.

"Kegiatan lomba olahraga hanya sepakbola yang akan pesertanya dari unsur SKPD dan Muspida. Ini juga untuk memanfaatkan lapangan sepakbola Paelangkuta yang lama tidak terpakai karena lomba ini juga menjadi hiburan rakyat," ujarnya.

Selain itu, kata dia, persiapan HUT RI juga terutama pelaksanaan upacara bendera mulai dari pengibaran hingga penurunan agar disiapkan dengan sebaik mungkin, dengan merekrut peserta Paskibraka yang sekalgus dilakukan pemusatan latihan.

Nurdin juga menyebutkan untuk memeriahkan HUT RI tersebut pihaknya akan mempersipakan pertunjukan panggung hiburan dengan mengahadirkan artis Ibukota Jakarta yang disatupadukan dengan kegiatan pameran pembangunan.

Dalam rapat tersebut, disetujui kegiatan lomba gerak jalan indah, namun tidak melibatkan pemuda lorong karena pengalaman tahun sebelumnya sering menimbulkan kekacauan pada acara tersebuty.

Sementara Komandan Kodim 1416 Muna Letkol ARH Hendra Gunawan menyatakan pihaknya akan memberikan jaminan keamanan terhadap kegiatan HUT RI di daerah itu.

Dandim juga meminta kerjasama dengan semua pihak untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, termasuk meminta data-data oknum yang sering melakukan ancaman atau teror yang menganggu kantibmas di daerah tersebut.

"Tidak usah khawatir. Kami upayakan akan memanggil oknum tersebut untuk dimintai keterangan. Kami akan berada di belakang bapak-bapak," katanya meyakinkan.

Sementara itu Kabag Humas Fajar Fariki menyatakan bahwa rapat ini merupakan evaluasi kerja saat pelaksanaan upacara HUT Muna ke-57 sekaligus persiapan HUT RI.

“Kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan sebelumnya akan dibenahi ketika HUT RI. Kita akan mengupayakan menciptakan upacara yang hikmad dan sakral,” katanya.

Ia mengepresiasi pihak Kodim maupun Polri yang sangat kritik dalam rapat tersebut dan jeli melihat kelemahan upacara HUT RI sebelumnya, selanjutnya akan menjadi masukan tersebut untuk disempurkan pada HUT RI tahun ini.

Pewarta : Muhammad Ramadhan S
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024